Cara mengetahui sarang walet asli, palsu dan mengandung bahan kimia

Identifikasi benar sarang burung walet apakah asli, palsu, dan mengandung bahan kimia.

Mengetahuinya adalah
:

Pertama:
Sarang
Burung walet memiliki struktur filamen, struktur tersebut dibentuk oleh potongan-potongan yang tampak terlihat serat, sehingga dapat jelas diketahui apabila serat tersebut bentuknyatidak beraturan berarti asli, tetapi bentuk seratnya tampak ada pola atau beerbentuk berarti sarang walet buatan atau palsu. Dalam hal lain sarang burung walet bisa juga direndam bersih sehingga tampaklah serat pada sarang walet yang mekar.


Kedua
:

Sarang burung walet disentuh atau diraba, sehingga tampak terasa khusus kasar, tetapi tidak lembut. Khusus bau sarang walet seperti tercium bau amis ikan, kalau tidak tercium bau amis, patut diduga sarang walet buatan.

ketiga
:

Direndam dengan air tampak sarang burung walet akan lunak setelah melakukan perendaman untuk mengambil / menarik filamen yang lentur fleksibilitas setelah itu digosok sarang walet tersebut dengan jari Anda, maka dapat dirasakan kelenturan serat yang fleksibilitas, diremas-remas untuk mengetahu sarang tersebut palsu atau tidak. setelah sarang yang direndam lalu dikeringkan, maka apabila sarang walet buatan atau palsu nampak terjadi perubahan warna yang mencolok.

Keempat:
Sarang burung palsu tampak sering tercium bau menyengat tetapi tidak tampak tercium bau amis.

Sarang burung walet yang mengandung bahan kimia / pemutih :
Sarang burung walet supaya lebih putih, maka dikasih bahan kimia / pemutih, hal ini tentu saja sangat merugikan konsumen dan merusak kesehatan. sarang burung walet yang mengandung bahan pemutih mengakibatkan aroma pada sarang walet akan hilang, seperti aroma amis pada sarang tidak tercium lagi melainkan tercium aroma bahan kimia.
bahkan untuk merekatkan sarang yang patah sering menggunakan dengan putih telor, ini tentu saja sarang walet tidak natural lagi.
Bahkan untuk menambah berat sarang walet, sebagian orang menggunakan Rumput Laut untuk menambah berat sarang.